top of page
  • Writer's picturetootheyols

Pemeriksaan Gigi Lansia Nusa Indah RW 02

Updated: Nov 15, 2022


 

Pada hari Minggu tanggal 14 Agustus 2022, aku dan teman-teman melaksanakan praktikum mata kuliah Pelayanan Asuhan Keperawatan Gigi dan mulut dengan sasaran lansia. Bertemulah kami dengan para lansia penuh semangat di hari yang cerah itu. Memang setiap Ahad pagi, diadakan senam sehat dan pemeriksaan tekanan darah di kediaman Bapak Supriyadi. Karena izin beliau, kami juga dapat melaksanakan tugas kami dengan baik.



Pagi itu diawali dengan senam sehat. Berkali-kali loh. Senam Terra, senam Sayang, Maumere, dan senam untuk melancarkan peredaran darah. Benar-benar tidak habis energi mereka untuk kegiatan yang menyehatkan itu. Keren.




Pemeriksaan tekanan darah danberat badan juga dilakukan.




Lanjut pada pendidikan kesehatan gigi lansia danjuga pemeriksaan intra oral. Di sini kami memeriksa terkait gigi berlubang, keadaan gusi, dan juga saliva. Pada lansia kebanyakan sudah kehilangan beberapa gigi mereka. Keadaan gusi juga sudah turun atau bis adisebut sebagai resesi gingiva di mana akar gigi terlihat. Hal itu yang menjadi alasan mengapa saat makan atau minum dingin dan panas akan terasa ngilu loh.


Senang sekali bisa memeriksa gigi mereka dan membagikan sedikit informasi terkait kesehatan gigi dan mulut yang ditanggapi dengan positif.



Semoga mereka sehat dan bahagia selalu!

bottom of page