top of page
  • Writer's picturetootheyols

Mengambangkan Keterampilan dan Literasi di Era Digital



Saat ini kita telah masuk di era digital, di mana era ini mengalami kondisi perkembangan kemajuan dalam ranah kehidupan ke arah yang serba digital. Seluruh kegiatan dapat kita lakukan dengan cara yang sangat canggih dan terus berjalan cepat. Manusia tidak dapat menghentikannya. Tentunya hal tersebut membawa dampak baik dan buruk. Pada artikel yang akan aku tulis kali ini, kita akan membahas keuntungan dan apa saja yang bisa kita dapatkan di era digital.


Mengembangkan keterampilan dan literasi? Mudah! Pada era digital, kita dimudahkan dengan adanya internet dan teknologi canggih lain yang membawa kita untuk memahami dan mengumpulkan informasi dengan cepat. Terlebih dengan adanya pandemi yang membuat banyak sektor lumpuh, salah satunya adalah sektor pendidikan. Namun, pada era digital ini, membawa semua menjadi lebih mudah. Kegiatan belajar mengajar dapat dilakukan secara dalam jaringan (daring). Kita juga dapat mengembangkan keterampilan dan literasi dengan adanya internet. Sudah banyak creator yang wara-wiri di beranda membagikan serangkaian informasi dan juga ilmu untuk kita dapat secara gratis.


Beberapa platform yang membagikan banyak sekali informasi di antaranya adalah Youtube dan Blog. Untuk kalian yang tengah mengenyam pendidikan dengan jurusan sama sepertiku kalian dapat mengakses channel milik dosen JKG Poltekkes Semarang seperti milik Bapak Sulur Joyo Sukendro yang membagikan banyak ilmu melalui diskusi yang diunggah oleh beliau. Kalian juga dapat mengakses milik Profesor Diyah Fatmasari yang membagikan video pembelajaran praktikum yang dapat mengembangkan keterampilan sebagai calon TGM.


Untuk kalian yang ingin mengetahui tentang literasi dan review buku atau bahkan resep-resep yang lezat, aku merekomendasikan milik Vanila Matcha, ia adalah mahasiswi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Universitas Negeri Semarang.


Nah, era digital ini sungguh membantu kita ya. Karena adanya akses internet, kita dapat dengan mudah mengembangkan keterampilan dan kreatifitas diri. Di lain waktu, mari kita bahas mengenai dampak negatif dari era digital.



2 views0 comments

Recent Posts

See All
bottom of page